First session


Apakah Anda Bisa Bertahan Dalam Pasar Bisnis Restoran franchise?

Mengapa 90% restoran bangkrut dalam 5 tahun ?


Jika Anda terjun dengan franchise gaya lama, bisnis anda pasti akan tersapu dalam kurun waktu 10 tahun.

Apakah anda tahu?  90% bisnis restoran bangkrut dalam waktu 5 tahun.


owner bingung franchise bagus mana?

Sekitar 90% bisnis restoran baru, mengalami bangkrut dalam kurun waktu 5 tahun karena tidak adanya konsumen yang datang.

Walaupun mereka mengeluarkan dana besar untuk membuat dekorasi interior toko dengan indah, memiliki motivasi yang baik terhadap pegawai toko, dan memiliki lokasi toko di letak terbaik yang banyak dilalui oleh orang sekalipun, konsumen tetap tidak datang dan mengakibatkan restoran mengalami kebangkrutan.

Kemudian, bagi pengelola restoran yang mengalami bangkrut, mereka akan dipandang sebagai orang yang gagal oleh keluarga dan kerabat mereka, dianggap bodoh oleh para pegawai, dan tidak ingin ditemui oleh teman yang awalnya sering berkunjung ketika restoran baru dibuka, karena memiliki rasa malu dan menyedihkan.

​Dengan kata lain, dalam bisnis restoran, jika Anda bisa membuat banyak pelanggan datang, segalanya akan berjalan lancar.

Walaupun restoran Anda kurang dalam dekorasi, memiliki motivasi pegawai yang rendah, dan berada di lokasi terpencil yang tidak bisa dilalui mobil sekalipun, jika anda mengetahui dengan benar cara management, branding, dan menyajikan makanan yang memiliki rasa yang sangat enak sehingga membuat pelanggan kecanduan sampai teringat terus akan rasanya, sekali pelanggan itu datang, ia akan kembali datang ke restoran Anda dan menjadi pelanggan setia.

Karena itu, mengetahui know-how management yang benar, dan resep khas yang dapat memikat para pelanggan adalah hal-hal yang paling penting untuk mengumpulkan konsumen dalam bisnis restoran.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ut odio dui. Nulla eleifend purus in nisi bibendum aliquet. Aliquam pulvinar pellentesque felis, nec sollicitudin ligula feugiat at. Mauris ullamcorper ornare augue, maximus rutrum nisi elementum in. Curabitur efficitur, eros vitae condimentum ultricies, massa orci ultrices felis, nec suscipit elit lectus at nisl. Suspendisse in sem odio. Duis vel aliquet est, eget tristique leo. Mauris vestibulum condimentum scelerisque.

Jangan Hanya Diberi Makan Oleh Orang Lain, Anda Harus Mengetahui Cara Mendapatkan Makanan..

Sebagian besar gaya franchise di Indonesia memiliki tipe yang desain, toko, spanduk, buku menu, semuanya ditentukan oleh kantor pusat dengan membayar royalty penjualan sebesar sekian persen.

Namun, sampai sekarang saya masih meragukan cara ini.

Saya sudah melihat berbagai franchise demikian yang tutup karena kondisi restoran yang sepi dengan tingkat penjualan yang rendah.

Salah satu alasannya adalah kemanjaan, karena semua telah disiapkan oleh kantor franchisor pusat.

Ini membuat hubungan antar franchisee-franchisor menjadi seperti budak dengan majikan. Know-how tetap dipegang sebagai rahasia oleh kantor pusat.Bagaikan seekor singa, jika dari awal selalu diberikan makanan, singa itu tidak tahu bagaimana cara mencari makanan.

Maka selanjutnya jika tidak diberi makanan, singa itu tidak bisa bertahan hidup.

Dengan kata lain, dalam bisnis restoran, jika Anda bisa membuat banyak pelanggan datang, segalanya akan berjalan lancar.

Industri bisnis restoran terkenal sebagai industri yang paling lambat berubah dibandingkan dengan industri musik, IT maupun industri keuangan.

Industri ini sebagian besar dikuasai oleh orang kaya yang memiliki modal besar dengan merekrut koki ternama untuk menjalankan bisnisnya.
Kenyataannya, tidak banyak orang yang belajar dan menerapkan ilmu dari bidang lain ke dalam bisnis restoran yang ia miliki.

Maka dari itu, jika anda fokus belajar, mengumpulkan informasi dan menerapkannya dengan tepat, dengan modal yang minim sekalipun, anda menjadi lebih unggul dari pesaing lainnya.

Banyak pengusaha yang tidak mengerti bagaimana cara menghitung laporan laba rugi restoran.

Saya terkejut ketika saya melihat sendiri, ternyata masih banyak pengusaha yang tidak mengerti bagaimana cara menghitung laporan laba rugi restoran.

Mereka hanya mengingat berapa profit dari penjualan 1 porsi makanan.Mengapa ini salah?

-Ketika ada pesaing lain masuk ke pasar, mereka akan terpatok dengan menurunkan profit dari 1 porsi.
-Ketika membuat menu baru, pemasangan harga akan hanya dikira-kira.

Banyak restoran di Indonesia yang sebenarnya menyediakan makanan yang lezat dan memberikan pelayanan baik, namun karena kurangnya pengetahuan management dan branding yang tepat, mereka berakhir tutup atau hanya tinggal sebagai restoran kecil.

​Sebaliknya, banyak restoran yang menyediakan makanan dan pelayanan yang kurang, tetapi bertahan karena menempati lokasi strategis seperti di dalam shopping mall, dengan dikelola oleh orang kaya.

Saat ini, hanya ada sedikit perusahaan konsultan yang khusus bidang bisnis restoran di Indonesia.

Biaya konsultannya pun sangat mahal, dan tidak ada konsultan yang khusus untuk perusahaan kecil dan menengah.

Jadi, apa yang harus dilakukan oleh pengusaha start-up kecil dan menengah, untuk bisa bertahan dalam persaingan pasar yang keras?

Fakta, 90% bisnis restoran bangkrut dalam kurun waktu 5 tahun.


  • check
    Diiklankan sebagai Royalty fee-free dan Franchise Fee-free namun memiliki aturan harus membeli bahan dari pusat (terdapat profit)
  • check
    Rahasia cara promotion dan branding dari franchisor tidak diajarkan kepada franchisee, sehingga ketika terjadi masalah, franchisee tersebut tidak bisa membuat solusi yang tepat.
  • check
    Orang yang memiliki modal besar akan lebih mudah untuk menang di persaingan bisnis restoran Indonesia saat ini.
  • check
    Tidak adanya perusahaan konsultan yang khusus bergerak di bidang kuliner dengan harga terjangkau.

Copyright 2018, waralab   -   Disclaimer

>